October 15, 2008

The storyteller ... the untold story

Saya kagum sekali dengan seorang storyteller. Ia bisa memukau pendengarnya dan membawa larut kedalam suasana yang sedang diceritakan. CD Harry Potter dibawakan oleh satu orang saja, namun ia bisa merubah suaranya untuk setiap peran yang ia ceritakan. Intonasi suara betul-betul mengikuti alur ceritanya. Suaranya bisa membuat kita merasa takut, cemas, tegang, senang, tergantung dari bagian yang sedang ia ceritakan.

Kalau kita bicara bakat, ia memang sangat berbakat sebagai seorang storyteller. Tidak terbayang oleh saya jika saya harus menyampaikan cerita dengan peran yang berbeda dan alunan suara yang harus berubah mengikuti keadaan cerita. Tapi setelah saya pikir dengan cermat, ternyata saya seorang storyteller yang dahsyat, cerita yang tidak pernah terungkap, cerita dibawah alam sadar yang saya ceritakan pada diri saya ... atau cerita yang saya percaya dan ulang terus menerus karena mendengar dari orang lain terlebih dahulu.

Setiap saat saya bercerita pada diri saya sendiri. Cerita itu membimbing keputusan saya dalam pekerjaan, hubungan atau pandangan hidup lainnya. Cerita itu berdampak pada semua aspek kehidupan saya. Dimana tempat tinggal saya, bagaimana saya mendidik anak saya sampai ke pilihan makanan atau kesukaan saya lainnya.

Masih ingat dengan Thomas Edison? Ketika ia dalam tahap penyempurnaan penciptaan lampu, ia sudah tenar melalui ciptaan lainnya. Seorang wartawan datang untuk melakukan wawancara dan mengatakan: ’Tuan Edison, Anda telah gagal 5000 kali dalam upaya Anda untuk membuat cahaya listrik, apakah sebaiknya Anda tidak berhenti saja?’ Edison menjawab: ‘Tidak anak muda, saya tidak gagal 5000 kali. Saya telah sukses mengidentifikasi 5000 cara yang tidak akan berhasil, berarti saya berada 5000 langkah lebih dekat kearah yang akan berhasil. Kalau cerita Thomas Edison berbeda, yaitu: ‘Saya gagal, memang tidak mungkin berhasil’. Apa yang akan terjadi dengan jalan hidupnya?

Manusia adalah storyteller yang luar biasa handal. So, what story have you been telling yourself? What does your life look like as a result of your story? Perlukah ceritanya dirubah? Sedikit perubahan bisa berdampak luar biasa pada kehidupan kita. What do you think?

1 comment:

Dario Fauri said...

I think that we can choose our our own future, as well as we can choose our own past.

We have to be certain of what we want, plan our way into it and take whatever measures to achieve it.

Getting there, or not, is how we choose our future. And that particular future, will eventually become our past.

That is what I mean by choosing our own future, and choosing our own past. Before we are certain, we have nothing to learn.

Great post!
Thank you for this wonderful, aspiring blog!

Dario Fauri
recovery-centric.blogspot.com
dariofauri.blogspot.com

 
#####1

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

#####2